Rabu, 10 Mei 2017

Tulisan 2_Etika Bisnis

Nama   : Devi Novitasari
Kelas   : 3EA05
NPM   : 12214825


1. Fungsi Iklan
Menurut Terence A. Shimp (2003), secara umum periklanan mempunyai fungsi komunikasi yang paling penting bagi perusahaan bisnis dan organisasi lainnya yaitu:
  1. Informing (memberi informasi) membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. 
  2. Persuading (mempersuasi) iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan. 
  3. Reminding (mengingatkan) iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Periklanan yang efektif juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya. 
  4. Adding Value (memberikan nilai tambah) Periklanan memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, bergaya, bergengsi dan lebih unggul dari tawaran pesaing. 
  5. Assisting (mendampingi) peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sebagai contoh, periklanan mungkin digunakan sebagai alat komunikasi untuk meluncurkan promosi-promosi penjualan seperti kupon-kupon dan undian. Peran penting lain dari periklanan adalah membantu perwakilan dari perusahaan.
Sumber : http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengertian-dan-fungsi-periklanan.html

2. Kebenaran Iklan
Contoh iklan yang saya ambil adalah Iklan Axis (Paket Internet di Rabu Rawit). Menurut pendapat saya, iklan tersebut cukup unik dan menghibur. Iklan tersebut juga menyampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti semua kalangan. Dalam iklan tersebut disampaikan informasi bahwa paketan internet Axis setiap hari Rabu sangat murah. Iklan tersebut menyampaikan informasi yang benar. Saya sudah mencoba memakai paket internet Axis dan memang benar setiap hari Rabu paketan internetnya lebih murah dibanding hri lain karena ada diskon. Paket internet tersebut bisa diaktifkan melalui *123# atau melalui aplikasi Axis yaitu AxisNet.



3. Informasi yang Disampaikan

Dalam iklan tersebut disampaikan informasi bahwa paket internet Axis di Hari Rabu lebih irit karena lebih murah dengan adanya diskon. Dan dalam iklan tersebut juga disampaikan bahwa pengguna bisa dengan mudah mengaktifkan paket internetnya melalui *123# atau bisa melalui aplikasi AXISNET.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar